Saturday 11 May 2013

MEMBUAT SAWAH DAN MENGENAL TERASERING UNTUK ANAK-ANAK

Siang itu, Rahma dan Rafif ingin membuat orang-orangan sawah pakai stik es krim, namun sebelumnya mereka berencana membuat sawahnya dulu. Disambunglah 4 lembar kertas folio menggunakan selotip, terus diwarnai sebagai sawah. Namun rupanya mereka ga sabar, meski terlihat sekali mereka sangat ingin main sawah-sawahan…
sawah-3 Melihat hal itu, ayah akhirnya mengeluarkan busa (strerofoam) dan dibentuk-bentuk menyerupai sawah terasering. Lalu dihias pake serbuk kayu yang sudah diberi warna. Ada orang-orangan sawah, tali pengusir burung, gubug. Rafif mengeluarkan miniatur boneka naruto and friends, untuk melengkapi permainan ini.
Permainan ini merupakan saat yang tepat untuk membahas istilah terasering, sambil terus asyik bermain, mama menyelipkan informasi yang berhubungan dengan sawah dan terasering.
Usai bermain, Rahma menulis kosakata seputar permainan :
  1. padi
  2. sawah
  3. gubug
  4. orang-orangan sawah untuk mengusir burung
  5. terasering
sawah-4 Gubug dibuat dari stik ek krim yang dirangkai (dilem)sedemikian rupa sampai menjadi sebuah gubug. Boneka Naruto n friends ditempel ke tusuk gigi pake selotip supaya bisa ditancapkan ke sterofoam. Oya, atap gubug menggunakan daun pisang yang sudah kering terus digunting sesuai ukuran kerangka atap yang sudah dibuat.
Senang sekali melihat mereka bermain sambil belajar seperti hari ini…
Cara membuat sawah dan gubug yang lebih rinci bisa dibuat di Prakarya Mudah untuk Anak.

No comments:

Post a Comment